Thursday, February 2, 2017

Kisah Abdurrahman Bin Auf Sahabat Rasulullah Yang Sangat Dermawan


BISMILLAH...

ABDURRAHMAN BIN AUF BIN HARITS BIN ZUHRAH, seorang SHAHABAT asal QURAISY dari Suku ZUHRI adalah di antara orang yang MASUK ISLAM dari sejak DINI dan termasuk 10 ORANG DIKABARKAN MASUK SURGA oleh RASULULLAH Shalallahu alaihi wa sallam serta termasuk 6 ORANG PENASEHAT Nabi. Beliau mengikuti SELURUH PEPERANGAN bersama RASULULLAH termasuk PERANG BADAR. Beliau MENINGGAL di MADINAH dan dimakamkan di BAQI`.

ABDURRAHMAN BIN AUF termasuk kelompok 8 SHAHABAT yang MULA-MULA masuk Islam. Dia termasuk 10 SHAHABAT yang DIJAMIN masuk SURGA oleh RASULULLAH Shalallahu alaihi wa sallam. Selain itu, dia juga termasuk 6 SHAHABAT yang ber-MUSYAWARAH dalam PEMILIHAN Khalifah untuk MENGGANTIKAN UMAR BIN KHATHTHAB Radhiyallahu anhu. Dia adalah seorang MUFTI yang DIPERCAYA RASULULLAH untuk ber-FATWA di MADINAH.

Abdurrahman bin Auf MASUK ISLAM SEBELUM RASULULLAH Shalallahu alaihi wa sallam melakukan PEMBINAAN di RUMAH ARQAM BIN ABIL ARQAM, kira-kira 2 HARI setelah ABU BAKAR MASUK ISLAM. Ketika hijrah ke MADINAH, Abdurrahman bin Auf DIPERSAUDARAKAN dengan SAAD BIN RABI AL-ANSHARI, salah seorang KAYA yang PEMURAH di MADINAH. ABDURRAHMAN pernah DITAWARI SAAD untuk memilih salah 1 dari 2 KEBUN-nya yang LUAS. Tapi, ABDURRAHMAN MENOLAK-nya. Dia HANYA MINTA kepada SAAD ditunjuki LOKASI PASAR di MADINAH.

Sejak itu, ABDURAHMAN BIN AUF ber-PROFESI sebagai PEDAGANG dan memperoleh KEUNTUNGAN yang cukup BESAR. Omset perdagangannyapun MAKIN BESAR sehingga dia dikenal sebagai PEDAGANG SUKSES. Tapi, kesuksesan itu TAK MEMBUAT-nya LUPA DIRI. Dia TAK pernah ABSEN dalam setiap PEPERANGAN yang dipimpin RASULULLAH Shalallahu alaihi wa sallam. Suatu hari, RASULULLAH Shalallahu alaihi wa sallam berpidato membangkitakan SEMANGAT JIHAD dan PENGORBANAN kaum Muslimin. Beliau berkata: Ber-SEDEKAHLAH KALIAN karena saya akan MENGIRIM PASUKAN ke MEDAN PERANG.

MENDENGAR UCAPAN itu, Abdurrahman bin Auf ber-GEGAS PULANG dan segera kembali ke HADAPAN RASULULLAH. Ya, RASULULLAH! Saya mempunyai uang 4,000 DINAR. 2,000 saya pinjamkan Kepada ALLAH dan sisanya saya TINGGALKAN untuk KELUARGA saya, ucap ABDURRAHMAN. Lalu RASULULLAH Shalallahu alaihi wa sallam MENDOAKAN-nya agar dia DIBERI KEBERKAHAN Oleh ALLAH Tabaraka wa Taala.

Ketika RASULULLAH membutuhkan BANYAK DANA untuk menghadapi Pasukan Romawi dalam PERANG TABUK, Abdurrahman bin Auf menjadi salah 1 PELOPOR dalam MENYUMBANGKAN DANA. Dia menyerahkan 200 UQIYAH EMAS. Melihat hal itu, UMAR BIN KHATHAB Radhiyallahu anhu BERBISIK kepada RASULULLAH Shalallahu alaihi wa sallam: Agaknya ABDURRAHMAN ber-DOSA, dia TIDAK meninggalkan UANG BELANJA sedikitpun untuk KELUARGA-nya.

Maka, RASULULLAH pun ber-TANYA kepada ABDURRAHMAN: Adakah engkau TINGGALKAN UANG BELANJA untuk KELUARGA-mu?. Abdurrahman menjawab: Ada, ya RASULULLAH! Mereka saya TINGGALKAN LEBIH BANYAK dan LEBIH BAIK daripada yang saya SUMBANG-kan. Berapa? TANYA RASULULLAH. Abdurrahman menjawab, SEBANYAK rizki, kebaikan, dan upah yang Dijanjikan ALLAH. SUBHANALLAH...

Sejak itu, rizki yang DIJANJIKAN ALLAH terus mengalir bagaikan ALIRAN SUNGAI yang DERAS. Abdurrahman bin Auf kini telah menjadi ORANG ter-KAYA di MADINAH. Suatu hari, iring-iringan KAFILAH DAGANG Abdurrahman bin Auf yang terdiri dari 700 ekor unta yang DIMUATI bahan PANGAN, SANDANG dan barang-barang KEBUTUHAN POKOK penduduk tiba di MADINAH. Terdengar suara gemuruh dan hiruk-pikuk sehingga AISYAH Radhiyallahu anha bertanya kepada seseorang: SUARA APAKAH ITU?

Orang itu menjawab: IRING-IRINGAN KAFILAH DAGANG ABDURRAHMAN. AISYAH berkata: Semoga ALLAH Melimpahkan Berkah-NYA kepada Abdurrahman di DUNIA dan AKHIRAT. Saya mendengar RASULULLAH Shalallahu alaihi wa sallam BERSABDA bahwa Abdurrahman bin Auf MASUK SURGA dengan MERANGKAK.

ORANG itu LANGSUNG menemui Abdurrahman bin Auf dan MENCERITAKAN apa yang DIDENGAR-nya dari AISYAH. Mendengar hal itu, diapun bergegas MENEMUI AISYAH. Wahai Ummul Mukminin! Apakah ibu MENDENGAR SENDIRI ucapan itu dari RASULULLAH? YA, jawab Aisyah. Seandainya aku sanggup, aku ingin MEMASUKI SURGA dengan ber-JALAN. Sudilah ibu MENYAKSIKAN, KAFILAH INI dengan seluruh KENDARAAN dan MUATAN-nya kuserahkan untuk JIHAD FI SABILILLAH.

Sejak mendengar bahwa dirinya DIJAMIN MASUK SURGA, semangat ber-INFAK dan BERSEDEKAH-nya makin MENINGKAT. Tak kurang dari 40,000 DIRHAM PERAK, 40,000 DIRHAM EMAS, 500 ekor KUDA PERANG dan 1,500 ekor UNTA, dia sumbangan untuk perjuangan MENEGAKKAN PANJI-PANJI ISLAM di MUKA BUMI. Mendengar hal itu, AISYAH mendoakan: Semoga ALLAH Memberinya minum dengan AIR dari TELAGA SALSABIL (nama sebuah telaga di SURGA).

Menjelang AKHIR HAYAT-nya, ABDURRAHMAN PERNAH disuguhi makanan oleh seseorang, padahal dia SEDANG ber-PUASA. Sambil melihat makanan itu, dia berkata: MUSHAB BIN UMAIR SYAHID di MEDAN PERANG. Dia LEBIH BAIK daripada saya. Waktu DIKAFANI, jika kepalanya DITUTUP, makakaki-nya TERBUKA. Dan jika kakinya DITUTUP, kepalanya TERBUKA. Kemudian ALLAH Membentangkan DUNIA ini bagi kita seluas-luasnya. Sungguh! Saya SANGAT TAKUT kalau-kalau PAHALA untuk kita disegerakan ALLAH Di dunia ini. Setelah itu, dia MENANGIS TERSEDU-SEDU.

ABDURRAHMAN BIN AUF WAFAT dengan membawa AMAL-nya yang BANYAK. Saat pemakamannya, AMIRUL MUKMININ ALI BIN ABU THALIB Radhiyallahu anhu berkata: Anda telah MENDAPAT KASIH SAYANG ALLAH dan anda telah BERHASIL MENUNDUKAN kepalsuan dunia. Semoga ALLAH Senantiasa merahmati anda. Aamiin...

0 comments

Post a Comment